Usia 3 bulan merupakan awal terjadinya lonjakan pertumbuhan pada bayi atau yang lebih dikenal dengan istilah growth spurt. Perkembangan bayi 3 bulan dari segi kognitif, motorik, dan sensoriknya akan terlihat semakin berkembang.

ebook
Banner
Banner AKP

Sebelum membahasnya lebih lanjut, pastikan Ibu minum susu Frisian Flag PRIMAMUM rasa cokelat lezat untuk dukung Akal Cermat si Kecil di 1000 Hari Pertama Kehidupannya. Susu ini mengandung tinggi DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) lengkap, dan 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan Ibu dan daya tahan tubuh si Kecil.

Perkembangan di usia ini penting untuk diperhatikan agar Ibu dapat memberikan stimulasi yang tepat. Mari simak bersama seperti apa perkembangannya yuk, Bu.

Bayi Umur 3 Bulan Sudah Bisa Apa Saja?

Jika Ibu penasaran seperti apa perkembangan bayi 3 bulan, berikut ini tahap tumbuh kembang yang akan ditunjukkan oleh si Kecil:

  1. Perkembangan Fisik

    Sesuai kurva pertumbuhan WHO, berat badan ideal bayi umur 3 bulan berkisar antara 4 kilogram hingga tidak lebih dari 8 kilogram.

    Artikel Sejenis

    Bayi laki-laki 3 bulan idealnya memiliki berat badan sekitar 5,1 - 7,9 kg dengan panjang badan antara 57,6 - 65,3 cm, dan lingkar kepala sekitar 38,3 - 42,7 cm. 

    Sedangkan untuk bayi perempuan, panjang badan sekitar 55,8 - 63,8 cm, berat badan sekitar 4,6 - 7,4 kg, dan lingkar kepala sekitar 37,2 - 41,9 cm.

  2. Perkembangan Motorik

    Tahapan perkembangan bayi 3 bulan dari segi motorik, ia akan semakin pintar dalam mengoordinasikan tangan dan matanya. 

    Si Kecil akan sering menyatukan kedua tangannya serta belajar memegang benda dengan dua tangannya tersebut. Ia juga mulai memasukkan tangan ke dalam mulut.

    Beberapa bayi juga mulai bisa berguling sendiri dari posisi terlentang ke tengkurap ataupun sebaliknya.

  3. Perkembangan Sensorik

    Perkembangan bayi 3 bulan menuju 4 bulan dari sisi sensorik sudah lebih peka. Sebab, saraf di otak yang bertugas untuk mengoordinasikan kemampuan inderanya sudah semakin berkembang.

    Selain itu, si Kecil juga sudah mampu mengenali orang atau benda yang dilihatnya dengan cepat. Ia akan tersenyum saat menatap wajah ibunya atau orang yang sering mengasuhnya.

    Tak hanya pandangannya saja, pendengarannya pun semakin peka, terlebih saat mendengar suara orang terdekatnya. Ia akan menoleh ke arah suara dan merespon dengan mengeluarkan suara nyaring.

  4. Perkembangan Komunikasi

    Perkembangan bayi 3 bulan selanjutnya juga ditandai dengan kemampuannya dalam berkomunikasi. 

    Tidak hanya berupa tangisan, tapi lebih ke suara mengoceh yang mulai terdengar nyaring dan berdurasi panjang.

    Pada fase perkembangan bayi 3 bulan ini, ia sedang belajar bicara meski masih sangat awal. Ibu harus terus mengajak si Kecil bicara sebagai stimulasinya.

    Baca juga: Kembangkan Otak si Kecil Dengan Mengajaknya Berbicara

  5. Perkembangan Kognitif

    Secara kognitif, perkembangan bayi 3 bulan mulai memahami manakah anggota keluarga dan mana orang lain. Bila ada yang mengajak tersenyum, maka ia akan membalasnya.

    Pada usia ini si Kecil akan lebih pintar memilih kepada siapa dia mau berinteraksi. 

    Ibu pun akan mulai dibuat kagum dengan bagaimana dia mengenali wajah Ibu walaupun berada di antara orang banyak.

  6. Perkembangan Emosional dan Sosial

    Perkembangan sosial dan emosional bayi saat usia 3 bulan sedang mengalami kemajuan yang pesat. 

    Kemampuan otak yang berkembang dengan cepat memungkinkannya mengenali orang-orang terdekat melalui penglihatan, penciuman, dan suara.

    Seiring dengan perkembangan sosialnya, si Kecil juga mulai menunjukkan berbagai emosi dan cara berkomunikasi. 

    Jangan heran jika si kecil sering tertawa terbahak-bahak dan tampak penasaran dengan tubuhnya sendiri, terutama jari tangan dan kaki.

    Untuk mengoptimalkan perkembangan si Kecil di atas, Ibu perlu memberikannya stimulasi yang sesuai.

    Baca juga: Pola Tidur Bayi 3 Bulan untuk Dukung Tumbuh Kembangnya

    Stimulasi Perkembangan Bayi 3 Bulan


    stimulasi perkembangan bayi 3 bulan - ibudanbalita


    Stimulasi bayi 3 bulan perlu dilakukan mengingat pola tidur si Kecil di usia ini memiliki durasi 14-16 jam sehari. Berikut beberapa stimulasi untuk mengoptimalkan perkembangan bayi 3 bulan:

  7. Latih fokus si Kecil ketika menyusu

    Dikarenakan pendengarannya semakin berkembang, si Kecil jadi mudah teralihkan dari satu kegiatan karena mendengar suara di sekitarnya. 

    Begitu pula saat bayi sedang menyusu. Saat waktu menyusu, jangan ada suara yang dapat mengganggunya.

    Matikan semua suara dari peralatan elektronik, tutup pintu kamar, atau susui si Kecil di tempat yang sepi.

  8. Berkomunikasi dari jarak yang agak jauh

    Stimulasi ini perlu dilakukan sebagai upaya melatih pendengaran si Kecil agar lebih sensitif.

    Tak hanya itu, mengajak si Kecil berbicara dari jarak agak jauh dapat bermanfaat untuk mengetahui jika terdapat gangguan pendengaran pada telinganya.

  9. Diperkenalkan pada warna dan tekstur

    Bayi baru lahir hanya melihat hitam putih. Saat usia 3 bulan, penglihatannya mulai berkembang sehingga perlu diperkenalkan dengan warna.

    Ibu bisa memulainya dengan menunjukkan beberapa mainan yang beraneka warna. Dekatkan mainan ke tangannya agar ia bisa menyentuh mainannya. 

    Cara ini dapat membantu si Kecil untuk membedakan tekstur benda secara alami.

    Baca juga: 10 Rekomendasi Mainan untuk Stimulasi Bayi 3 Bulan

  10. Membiasakan si Kecil bertemu dengan banyak orang 

    Stimulasi ini penting untuk dibiasakan supaya si Kecil terbiasa berada di dalam lingkungan sosial. 

    Beberapa bayi mungkin akan memerlukan waktu cukup lama untuk dekat dengan orang lain. Ibu harus bersabar dan tekun dalam melatihnya, ya.

  11. Menirukan ekspresi bayi

    Salah satu perkembangan bayi 3 bulan mulai sering bergumam sambil menunjukkan ekspresi yang beragam.

    Ibu perlu sering menirukan saat ia melakukannya untuk membantunya mengetahui lebih jauh tentang ekspresi dari melihat ekspresi yang Ibu tunjukkan.

    Stimulasi yang tepat akan membantu si Kecil mengembangkan kemampuan motorik, kognitif, dan sosialnya.

Baca juga: 9 Stimulasi Terbaik untuk Bayi Usia 0-6 Bulan

Tanda-tanda Keterlambatan Perkembangan yang Harus Diwaspadai

tanda-tanda keterlambatan perkembangan yang harus diwaspadai - Ibudanbalita

Ada beberapa tanda yang dapat mengindikasikan adanya keterlambatan perkembangan pada bayi usia 3 bulan, antara lain:

  • Salah satu sisi tubuh si Kecil terlihat lebih kuat dari sisi lainnya
  • Kesulitan saat menyusui, seperti kesulitan menghisap atau menelan
  • Kurang responsif terhadap suara-suara di sekitarnya
  • Si Kecil tidak merasa tenang atau nyaman, bahkan saat digendong
  • Tidak tersenyum atau tertawa pada usia 8 minggu
  • Tidak bisa menggenggam dan memegang benda
  • Tampak kesulitan menyangga kepalanya dengan baik.

Jika Ibu mencurigai adanya keterlambatan perkembangan pada tumbuh kembang si Kecil, segera konsultasikan dengan dokter anak.

Perkembangan Bayi 3 Bulan Menuju 4 Bulan

Perkembangan bayi usia 3 bulan menuju 4 bulan sangat pesat, terutama dalam hal sosial dan kognitif. 

Si Kecil akan belajar menghubungkan suara dengan gambar, dan mulai memahami konsep sederhana seperti sebab-akibat.

Pada usia ini, si Kecil tidak hanya bisa menangis, tetapi juga bisa tertawa, tersenyum, dan mengeluarkan berbagai macam suara untuk mengekspresikan perasaannya.

Selain itu, ia juga mulai menunjukkan minat yang lebih besar pada lingkungan sekitarnya.

Si Kecil akan tampak senang mengamati benda-benda, menyentuh, dan menggerakkannya. Ini adalah cara bayi belajar tentang dunia di sekitarnya.

Baca juga: 4 Tanda Si Kecil Tumbuh Kembang Optimal di Usia 4 Bulan

Bagaimana dengan bayi Ibu, apa saja perkembangan bayi 3 bulan yang sudah dilakukannya? 

Teruslah berikan nutrisi berupa ASI dan stimulasi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya ya, Bu.

Agar produksi ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan energi tambahan sebanyak 500 kalori setiap harinya (AKG 2019) begitu juga dengan protein dan nutrisi penting lainnya. 

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu Ibu menyusui untuk dukung Akal Cermat si Kecil yang dilengkapi dengan DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. 

Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. 

Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu! 

Pantau terus tumbuh kembang si kecil dengan menggunakan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima. Fitur ini didukung oleh grafik pertumbuhan dari WHO, sehingga Ibu bisa mengetahui apakah pertumbuhan dan perkembangan si Kecil sesuai dengan standar. Yuk, coba langsung fiturnya sekarang.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan bergabung sebagai member Ibu dan Balita, Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik.

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.