Keju untuk MPASI bisa menjadi pilihan bagi Ibu yang ingin menambah cita rasa dan mendukung kebutuhan gizi harian si Kecil. Selain dari makanan, kebutuhan nutrisi si Kecil Selain dari makanan, sumber nutrisi si Kecil yang berusia kurang dari 2 tahun perlu dipenuhi dengan ASI. 

ebook
Banner
Banner AKP

Untuk ASI yang berkualitas, pastikan Ibu mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung tinggi DHA yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. Dukung si Kecil tumbuh Cermat dan Kuat dengan Frisian Flag PRIMAMUM.

Keju yang banyak dipakai untuk topping ini termasuk olahan susu sumber protein hewani. Protein hewani merupakan nutrisi yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil agar lebih prima. 

Di dalam keju terkandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap dan sangat penting karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga harus didapatkan dari sumber protein hewani secara rutin setiap hari. Ibu bisa memasukkan sumber protein hewani, seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih ke dalam menu MPASI harian si Kecil. 

Menurut penelitian dari J.Nutr yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology Information, kekurangan semua jenis 9AAE bisa menghambat tumbuh kembang si Kecil sebanyak -50%. Ibu pasti tidak mau hal ini terjadi, kan? Maka dari itu, keju untuk MPASI bisa Ibu pilih untuk mendukung kecukupan gizi harian si Kecil. 

Artikel Sejenis

Ada banyak jenis keju untuk MPASI yang bisa Ibu olah, mulai dari keju cheddar, mozzarella, parmesan, dan lain sebagainya. Namun, apa jenis keju yang bagus untuk MPASI bayi berusia 7-12 bulan? Yuk, simak rekomendasi keju yang bagus untuk MPASI di bawah ini. 

Rekomendasi Keju Untuk MPASI yang Aman Dikonsumsi Bayi

Berikut ini rekomendasi keju untuk MPASI yang bisa jadi pilihan Ibu untuk diolah menjadi pelengkap MPASI harian si Kecil, antara lain: 

  1. Keju cheddar

    Cheddar merupakan keju untuk MPASI yang paling populer di Indonesia dengan bentuk kotak atau persegi panjang dan warnanya putih gading hingga kuning. Banyak orang yang memilih keju cheddar untuk diolah menjadi berbagai makanan lezat karena memiliki rasa yang kuat.

    Selain rasanya yang kuat, keju cheddar juga mengandung karbohidrat, kalsium, protein, seng, magnesium, fosfor, dan vitamin (vitamin A, vitamin D, dan vitamin B12) yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil.

  2. Keju

    mozzarella
    Ibu pasti sudah tidak asing dengan mozzarella. Yup! Ini dia keju untuk MPASI yang memiliki ciri khas dapat meleleh jika dipanaskan. Keju mozzarella sering dijadikan topping makanan. Keju mozzarella dan cheddar merupakan keju yang paling sering diolah menjadi pelengkap dalam MPASI si Kecil.

    Bukan tanpa alasan keju mozarella dipilih sebagai salah satu bahan MPASI. Pasalnya, produk olahan susu ini mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh seperti kalori, protein, karbohidrat, sodium, kalium, vitamin A, dan vitamin D.

  3. Keju cottage

    Keju cottage terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasa asam segar. Keju jenis ini ternyata kaya nutrisi, termasuk protein dalam jumlah tinggi. Oleh karena itu, banyak Ibu yang memilih cottage sebagai keju untuk MPASI. 

  4. Keju Parmesan

    Tekstur keju parmesan cenderung lebih padat dan umumnya sering digunakan untuk taburan dalam makanan. Dari segi rasa, keju parmesan agak asin dan memiliki aroma yang cukup tajam.

    Meski begitu, keju untuk MPASI ini mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh si Kecil. Keju parmesan diperkaya dengan kandungan kalsium dan fosfor yang dapat meningkatkan kesehatan tulang si Kecil.

  5. Keju Gouda

    Berbeda dengan keju lainnya, Gouda termasuk keju untuk MPASI yang memiliki rasa manis. Hampir mirip seperti mozzarella, keju gouda bisa meleleh jika dipanaskan. 

    Keju untuk MPASI ini menjadi sumber protein dan kalsium yang sangat baik bagi si Kecil. Mengonsumsi 1 ons keju gouda bisa membantu memenuhi 10% kebutuhan harian akan kalsium, fosfor, seng, dan vitamin B12.

Takaran Keju untuk MPASI

Takaran keju untuk MPASI - Ibudanbalita

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), keju aman untuk ditambahkan ke menu makan MPASI antara usia 7 hingga 8 bulan. Meski begitu, Ibu tetap harus menyesuaikan jumlahnya dengan takaran yang tepat.

Jika si Kecil berusia antara 6 sampai 8 bulan, takaran keju untuk MPASI yang dianjurkan yaitu sebanyak 1-2 ons sehari. Sementara untuk si Kecil yang berusia antara 8 sampai 10 bulan, Ibu bisa menambahkan keju untuk MPASI sebanyak 2-4 ons setiap hari.

Ide Resep Olahan Keju Untuk MPASI

Ide Resep Olahan Keju untuk MPASI - Ibudanbalita

Keju untuk MPASI bisa diolah oleh Ibu menjadi menu kesukaan si Kecil lho. Ada banyak ide resep yang bisa Ibu ikuti dengan mudah dan praktis.

Namun, Ibu juga perlu memastikan saat mengolah keju untuk MPASI harus menggunakan cara yang sehat dengan menyeimbangkan porsinya agar nutrisi yang dicerna oleh si Kecil pun lebih optimal. Nah, langsung aja catat resep-resepnya di bawah ini yuk

Resep Bubur Kentang Dori Keju untuk MPASI

Resep Bubur Kentang Dori Keju untuk MPASI - ibudanbalita

Perpaduan ikan dori dan keju untuk MPASI bisa disulap menjadi menu yang menarik untuk si Kecil lho, Bu. Ikan dori dan keju mengandung protein yang akan membuat menu ini kaya akan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan si Kecil. 

Paduan ikan dori dan keju untuk MPASI bisa disulap menjadi menu yang menarik untuk si Kecil lho, Bu. Ikan dori dan keju mengandung protein yang akan membuat menu ini kaya akan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan si Kecil.

Bahan-bahan:

  • 100 gram ikan dori
  • 100 gram keju
  • 1 buah kentang
  •  1 buah wortel, parut kasar
  •  ½ iris tahu kuning
  • 1 siung bawang putih
  •  Minyak zaitun
  • ASI secukupnya atau susu pendamping ASI sesuai anjuran tenaga kesehatan.
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Cuci dan potong semua bahan sebelum diolah
  2. Kukus kentang, wortel, dan tahu hingga matang
  3. Tumis ikan dori dan bawang putih dengan menggunakan minyak zaitun hingga matang
  4. Campurkan semua bahan, tambahkan air secukupnya lalu haluskan menggunakan blender
  5. Tambahkan ASI secukupnya dan minyak zaitun sedikit
  6. Bubur kentang dori keju siap disantap oleh si Kecil

Resep Bubur Ayam Mozzarella 

Resep Bubur Kentang Dori Keju untuk MPASI - ibudanbalita

Olahan keju untuk MPASI yang bisa Ibu kreasikan adalah bubur ayam mozarella. Perpaduan antara karbohidrat dari beras, protein dari daging ayam, dan kalsium dari keju akan membuat menu MPASI ini mengandung nilai gizi yang baik untuk si Kecil.

Bahan-bahan:

  • 5 sendok nasi putih
  • Air secukupnya
  • 2 sdm daging ayam
  • 2 buah brokoli, cincang halus
  • 1 buah wortel ukuran, parut kasar
  • 2 sdm keju mozzarella parut
  • ASI secukupnya atau susu pendamping ASI sesuai anjuran tenaga kesehatan.
  • Bawang bombai
  • Bawang putih

Cara membuat:

  1. Masukkan nasi, daging ayam, bawang bombai, bawang putih, brokoli, dan wortel ke dalam rice cooker atau slow cooker, lalu masak hingga matang menjadi bubur
  2. Lelehkan keju mozzarella lalu simpan dalam wadah terpisah
  3. Setelah bubur matang, tambahkan ASI dan tuang keju mozzarella ke atas bubur
  4. Sajikan bubur mozzarella selagi hangat 

Resep Kentang Keju untuk MPASI

Resep Bubur Kentang Dori Keju untuk MPASI - ibudanbalita

Keju untuk MPASI juga sangat cocok dipadukan dengan kentang. Gabungan antara karbohidrat kompleks serta vitamin yang terkandung dalam kentang mampu mengimbangi nilai gizi dari keju. Menu MPASI ini sangat mudah Ibu olah, langsung ikuti resepnya yuk!

Bahan-bahan:

  • 1 buah kentang berukuran besar
  • 100 gram keju
  • Minyak zaitun secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • ASI secukupnya atau susu pendamping ASI sesuai anjuran tenaga kesehatan.

Cara membuat:

  1. Kukus kentang hingga matang dan bertekstur empuk
  2. Haluskan kentang dengan menggunakan saringan, atur kekentalan dengan menggunakan air matang
  3. Tambahkan sedikit ASI untuk menambah nutrisi
  4. Parut keju, lalu taburkan di atas kentang
  5. Tambahkan minyak zaitun secukupnya
  6. Hidangkan puree kentang keju untuk disantap oleh si Kecil

Resep Bayam Keju 

Resep Bayam Keju untuk MPASI - ibudanbalita

Bayam selalu menjadi pilihan sebagian besar Ibu saat mengolah menu MPASI untuk buah hati. Nah, Ibu juga bisa lho mengolah bayam dan keju untuk MPASI yang lezat dan enak. Ikuti resepnya di bawah ini yuk!

Bahan-bahan:

  • ½ gelas kecil beras
  • ½ gelas makaroni
  • ½ ikat Bayam
  • ¼ potong brokoli
  • 1 siung bawang putih, cincang
  • 1 siung bawang merah, cincang)
  • 100 ml kaldu ayam
  • Keju parut
  • Air matang
  • ASI secukupnya atau susu pendamping ASI sesuai anjuran tenaga kesehatan.

Cara membuat:

  1. Rebus air, masukkan makaroni dan beras secara bersamaan. Masak dengan menggunakan api kecil hingga airnya sedikit
  2. Masukkan bayam, brokoli, bawang putih, bawang merah dan kaldu ayam ke dalam makaroni dan nasi yang sudah dimasak tadi
  3. Kemudian aduk semua bahan hingga merata dan benar-benar matang
  4. Setelah matang, blender kasar bubur yang sudah matang tersebut. Tak perlu terlalu lembut ya Bu, agar teksturnya masih terasa
  5. Campurkan dengan sedikit ASI, lalu aduk rata
  6. Sajikan bayam keju untuk menu MPASI si Kecil 

Kreasi resep keju untuk MPASI di atas sangat mudah untuk dicoba di rumah kan, Bu? Memberikan keju untuk MPASI bukan berarti Ibu harus mengurangi frekuensi menyusui. Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil agar lebih prima, Ibu tetap perlu memberikan ia ASI secara rutin. Agar produksi ASI meningkat baik dalam jumlah maupun kualitasnya, Ibu harus mendapatkan energi tambahan sebanyak 500 kalori setiap harinya (AKG 2019) begitu juga dengan protein dan nutrisi penting lainnya.

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu untuk ibu hamil dan menyusui yang bisa mendukung si Kecil tumbuh Cermat dan Kuat yang tinggi DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu!

Tak kalah pentingnya dari itu, Ibu juga perlu memantau kecukupan jumlah gizi harian si Kecil melalui fitur Kalkulator Gizi yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Yuk Bu, coba fiturnya sekarang juga!

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di sini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.